Demang lehman dalam tawanan belanda

2019-11-17 00:39

Menurut Teguh, dalam dokumen sejarah, ternyata salah satu tokoh sentral Perang Banjar melawan kolonial Belanda ini, banyak ditawari dengan berbagai materi. Namun, Demang Lehman tetap teguh pada pendiriannya demi menjaga keutuhan Kerajaan Banjar, katanya.Demang Lehman dalam tawanan Belanda Demang Lehman, kemudian bergelar Adhipattie Mangko Nagara (Adipati Mangku Negara) [1 (lahir di Barabai tahun 1832 [2 [3 meninggal di Martapura tanggal 27 Februari 1864 pada umur 32 tahun) adalah salah seorang panglima perang dalam Perang Banjar. demang lehman dalam tawanan belanda

Demang Lehman berhasil menyelundupkan dua orang kepercayaannya ke dalam benteng sebagai pekerja Belanda. Dengan informasi dari kedua pekerja ini, Demang Lehman bertekad menyerbu benteng tersebut. Namun, pihak Belanda memperoleh informasi bahwa rakyat telah berkumpul di Sungai Paring hendak menyerbu Benteng Amawang.

Demang Lehman pun tidak memberontak atau melarang ketika perwakilan Pemerintah Hindia Belanda mengambil fotonya. Sebaliknya, dia tampaknya lebih senang dengan itu. Dalam dua hari setelah adanya pemberitahuan penghakiman bahwa akan dieksekusi hukuman gantung, Demang Lehman pun Kedatangan wartawan Belanda ke Kalsel itu dalam rangka menelusuri sejarah terkait sosok Demang Lehman, pejuang asal Kalsel. Mathijs Groot dan Nienke Zoet Brood ini mengatakan, media dapat merekatkan komunikasi antar Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Pemerintah Belanda.demang lehman dalam tawanan belanda Saat itu, dalam sebuah keterangan pers yang dilakukan di Aula Abdi Persada Pemprov Kalimantan Selatan, Wakil Gubernur di era periode pertama pemerintahan Gubernur Rudy Ariffin tersebut menyatakan menerima kabar dari salah seorang arkeolog asal Yogyakarta, yang mengatakan bahwa kepala Demang Lehman masih tersimpan di salah satu museum di Belanda.

Demang lehman dalam tawanan belanda free

Rating: 4.32 / Views: 442