Hukum merayakan ulang tahun dalam islam

2019-11-17 18:00

Dec 27, 2017 Hukum merayakan ulang tahun anak dalam Islam sama dengan hukum merayakan ulang tahun dalam Islam, yang mana masih terdapat perbedaan pendapat diantara kalangan para ulama. Ada ulama yang memperbolehkan dan ada sebagian ulama yang tidak memperbolehkan. Para ulama yang berpendapat tidak memperbolehkan beralasan karena Rasulullah SAW. tidak pernah mengajarkan umatnya untuk merayakan ulang tahunTradisi ulang tahun sama sekali tidak memiliki akar sejarah dalam islam. Islam tak pernah diajarkan untuk merayakan ulang tahun. Kalau pun kemudian ada orang yang berargumen bahwa dengan diperingatinya maulid Nabi, hal itu menjadi dalil kalau ulang tahun boleh juga dalam pandangan Islam. hukum merayakan ulang tahun dalam islam

Dec 28, 2015 Memang Rasulullah tidak pernah merayakan ulang tahun dirinya dan menyarankan umatnya untuk melakukan peringata hari ulang tahun. Jadi, di dalam islam sendiri ibadah itu terbagi menjadi dua yaitu ibadah yang harus dilakukan sesuai dengan aturan dan perintah Allah SWT yang memang harus dilakukan tanpa harus adanya pengubahan apapun.

Sep 14, 2018 Hukum merayakan ulang tahun menurut sunnah Rasulullah SAW atau dalam Ajaran Islam itu Mubah. Ulang tahun atau hari kelahiran merupakan salah satu hari spesial di setiap tahunnya. Hari di mana kita dilahirkan ke dunia ini wajib disyukuri dengan memanjatkan Doa ulang tahun dan melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain. Kondisi (kemungkinan) pertama adalah merayakan ulang tahun dengan melakukan ibadah secara khusus, misalnya dengan bersedekah mengundang anak yatim, mentraktir makan, berdoa secara khusus di hari ulang tahun dengan mengundang orang yang dianggap shalih, berdzikir, memohon ampun (istighfar), atau bentukbentuk ibadah lainnya yang secara khusushukum merayakan ulang tahun dalam islam Itu artinya, dengan merayakan hari ulang tahun kita bisa terjebak masuk ke dalam golongan mereka, bukan golongan Muslim, berdasarkan hadis tersebut. Belum lagi pada praktiknya sering sekali ditemukan tindakantindakan maksiat di dalam peringatan ulang tahun yang semakin menjadikan ulama memandang perayaan ulang tahun sebagai sesuatu yang negatif.

Hukum merayakan ulang tahun dalam islam free

Jan 01, 2015 Apa hukum merayakan ulang tahun atau maulid? Kaum muslimin merayakan hari ulang tahun (Ultah) untuk anakanak dan ketika itu disajikan makanan untuk para tamu yang hadi. Ketika itu pula disuarakan shalawat nariyah. Apakah makanan yang mereka sajikan kala itu boleh dimakan? hukum merayakan ulang tahun dalam islam Jika demikian, sikap yang Islami dalam menghadapi hari ulang tahun adalah: tidak mengadakan perayaan khusus, biasabiasa saja dan berwibawa dalam menghindari perayaan semacam itu. Mensyukuri nikmat Allah berupa kesehatan, kehidupan, usia yang panjang, sepatutnya dilakukan setiap saat bukan setiap tahun.

Rating: 4.38 / Views: 672