Pengertian kompetensi absolut dalam hukum acara perdata

2019-12-12 07:56

Dalam hukum acara perdata, menurut pasal 118 ayat (1) HIR, yang berwenang mengadili suatu perkara perdata adalah Pengadilan Negeri (PN) yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal tergugat (actor sequitur forum rei). Mengajukan gugatan pada pengadilan diluar wilayah hukum tempat tinggal tergugat, tidak dibenarkan.May 04, 2012 4) Kompetensi absolut dari Peradilan Tata Usaha Negara adalah memeriksa, mengadili, dan memutuskan sengketa yang timbul dalam bidang tata usaha negara antara seseorang atau badan hukum perdata dengan badan atau pejabat tata usaha negara akibat dikeluarkannya suatu keputusan tata usaha negara, termasuk sengketa kepegawaian (Pasal 1 ayat 4 UU 09 pengertian kompetensi absolut dalam hukum acara perdata

Pengertian Kompetensi Absolut dan Kompetensi Relatif 6 Juni 2018 Ahmad Saleh Bancin 0 Komentar kompetensi, kompetensi absolut, kompetensi absolut dan kompetensi relatif, kompetensi relatif, yang umumnya diatur dalam undangundang tentang hukum acara.

May 22, 2012  Kompetensi Absolut dan Kompetensi Relatif Yang dimaksud dengan kompetensi mengadili yang relatif dan absolut dalam Hukum Acara Pidana, perbedaannya, serta contohnya, yaitu: Kompetensi relatif adalah berbicara mengenai Pengadilan Mar 22, 2016 Tergugat dapat mengajukan eksepsi tentang kompetensi. Apabila Tergugat mengajukan EKSEPSI tentang kompetensi (absolut atau relatif), maka hakim WAJIB mengeluarkan Putusan Sela. Apabila terbukti maka Gugata tidak dapat diterima Niet Onvankelijke Verklaard (NO). Sumber: Diolah dari materi perkuliahan Hukum Acara Perdatapengertian kompetensi absolut dalam hukum acara perdata Kompetensi mutlakabsolut yaitu masing masing badan peradilan itu mempunyai wewenang untuk menerima, Secara khusus dan terperinci tentang wewenang nisbi Pengadilan Negeri diatur dalam Pasal 118 HIR142 RBg yang mengatur sebagai berikut: S. H. , Buku Materi Dasar Hukum Acara Perdata, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2009, Cet. V.

Pengertian kompetensi absolut dalam hukum acara perdata free

PENGANTAR HUKUM ACARA PERDATA A. Pengertian dan Tujuan Hukum Acara Perdata Menurut Wirjono Prodjodikoro Hukum Acara Perdata adalah rangkaian peraturanperaturan yang memuat cara bagaimana orang harus bertindak terhadap dan di muka pengadilan dan cara bagaimana pengadilan itu harus bertindak, satu sama lain untuk pengertian kompetensi absolut dalam hukum acara perdata Jika gugatan diajukan kepada pengadilan yang salah, apakah itu keselahan dalam penentuan kompetensi absolut atau kompetensi relatif, maka akan mengakibatnya gugatan mengandung cacat formil, Hukum Acara Perdata, (Jakarta: Sinar Grafika, 2012), hal. Jul 11, 2012  Dalam hukum acara perdata dikenal 2 (dua) macam kewenangan mengadili, yaitu: 1. Kewenangan mutlak atau absolute competentie (Kompetensi Absolut)Kewenangan mutlak adalah wewenang badan pengadilan dalam memeriksa jenis perkara tertentu yang Indah's Life Journal Dalam konteks hukum acara kata eksepsi bermakna tangkisan atau bantahan yang diajukan oleh tergugat menyangkut tentang formalitas surat gugatan. [1 Misalnya terkait dengan kompetensi pengadilan, sah tidaknya surat kuasa, salah pihak, dan lainlain. Sehingga, surat gugatan itu dinyatakan tidak dapat diterima (niet ontvankelijk). Hukum Acara Perdata adalah peraturan Hukum yang mengatur bagaimana cara ditaatinya Hukum perdata materiil dengan peraturan hakim. Lebih kongkrit dikatakan bahwa Hukum Acara Perdata mengatur tentang bagaimana caranya mengajukan tuntutan hak, memeriksa, memutuskan, dan pelaksanaan daripada putusannya.

Rating: 4.31 / Views: 737